PENGENALAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung, menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri dari 256 kolom (columns)  dan 65536 baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell), misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
1. Memulai Program Microsoft Excel
Pilih menu Start à All Program à Microsoft Office à Microsoft Office Excel 2007. Atau klik shortcut yang terdapat pada layar Windows. Maka akan muncul tampilan lembar kerja kosong seperti berikut :
(https://datastoretik.files.wordpress.com/2009/09/pengenalan-microsoft-excel.doc)
2.  Mengenal Tampilan komponen dasar Microsoft Excel
Bagian-bagian utama Layar Microsoft Excel 2007
- Judul
       Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
- Office Button
       Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
-  Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
       Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
-  Toolbar
       Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program, Toolbar ini berisi menu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
-  Help
      Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut. Ms. Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
- Lembar Kerja (Workbook)
      Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion point dan tombol pengendali.
-  Cell
     Cell adalah baris kotak yang ada di lembar kerja, berisikan tentang :
* Nomor Baris diberi kode 1,2,3,....dst
* Nomor Kolom diberi kode A,B,C,....dst
* Nama Range
pertemuan antara Nomor baris dan Nomor kolom disebut Nama Range, jika mengklik pada Kolom B dan Baris 5 maka nama Range-nya adalah C5.
* Fungsi
* Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertikal
dan horisontal.

Petunjuk Sel (Cell Pointer)
              Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain :

 Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horisontal untuk menjangkau sel yang dimaksud.

https://datastoretik.files.wordpress.com/2009/09/pengenalan-microsoft-excel.doc

Posting Komentar

 
Top