PENGENALAN MICROSOFT OFFICE EXCEL 2007
Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic
Spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir, menghitung,
menyediakan maupun menganalisa data-data dan mempresentasikannya ke grafik atau
diagram. Kemudahan lain yang diperoleh dari program ini adalah terintegrasinya
program Microsoft Excel dengan program aplikasi windows yang lain. Saat anda
membuka Microsoft Excel maka sebuah buku kerja (Workbook) siap digunakan
yang didalamnya terdapat beberapa lembar kerja (worksheet).
Lembar keja dalam Microsoft Excel dalam satu sheet terdiri
dari 256 kolom (columns) dan 65536
baris (rows). Kolom ditampilkan dalam tanda huruf A, B, C dan berakhir
pada kolom IV. Sedangkan baris dilambangkan dalam bentuk angka 1, 2, 3 dan berakhir
pada 65536. Perpotongan antara baris dan kolom disebut sel (cell),
misal, pada perpotongan kolom B dengan baris ke 5 disebut sel B5. Dan sel yang
bergaris tebal menandakan bahwa sel tersebut dalam keadaan aktif.
1. Memulai Program Microsoft Excel
Pilih
menu Start à All Program à Microsoft Office à Microsoft Office Excel 2007. Atau klik shortcut yang
terdapat pada layar Windows. Maka akan muncul tampilan lembar kerja kosong
seperti berikut :
(https://datastoretik.files.wordpress.com/2009/09/pengenalan-microsoft-excel.doc)
2. Mengenal Tampilan
komponen dasar Microsoft Excel
Bagian-bagian utama Layar Microsoft Excel 2007
- Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau
nama file dari lembar kerja yang aktif.
- Office Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat dokumen
baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish
dokumen.
- Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan
sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat akses berkomunikasi
dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya
- Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk
mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program, Toolbar ini berisi menu
Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
- Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan
anda pada tempat tersebut. Ms. Excel akan memberikan alternatif jawaban
terhadap pertanyaan yang dimaksud.
- Lembar Kerja
(Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
- Cell
Cell adalah baris kotak yang ada di lembar kerja, berisikan tentang :
* Nomor Baris diberi kode 1,2,3,....dst
* Nomor Kolom diberi kode A,B,C,....dst
* Nama Range
* Fungsi
* Penggulung vertical dan
horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan
menggulung layar vertikal
dan horisontal.
Petunjuk
Sel (Cell Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi
yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita
dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel
yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara
lain :
Jika
posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan
fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horisontal untuk menjangkau
sel yang dimaksud.
https://datastoretik.files.wordpress.com/2009/09/pengenalan-microsoft-excel.doc
Posting Komentar